** Kegagalan adalah keberhasilan yang tetunda...

Jumat, 25 Juli 2014

Cara menghilangkan kenangan masa lalu

------
Pernah terjebak dengan kenangan masa lalu? Atau mungkin sekarang anda masih berkutat dengan problema masa lalu. Ketika seseorang menatap masa depan ia tidak akan mungkin bodoh hanya dengan diam di tempat apalagi berjalan mundur. Masa lalu hanyalah sekedar kenangan, sesuatu yang harus di kubur dalam-dalam karena yang tersisa hanyalah sebuah pengalaman yang dapat kita ambil sebagai pelajaran. Kadang memang harus kita akui melupakan seseorang di masa lalu itu tidak mudah. Apalagi bila kita di hadapkan dengan kenangan-kenangan yang begitu indah melekat di dalam jiwa. Seseorang yang kita anggap tiada duanya selain dia di dunia ini. But guys, cobalah berfikir logika setiap manusia punya kenangan-kenangan hidup untuk mewarnai kisah-kisahnya, tentunya tujuannya adalah untuk mencetak kita menjadi seseorang dengan karakter yang setiap tahun berganti menjadi lebih kuat dan matang. Harusnya kita tahu bahwa yang terjadi pada setiap langkah kita itu adalah hal-hal yang membuat kita menjadi bisa bersikap, bertindak dan berperilaku dewasa. Karena dangan kejadian-kejadian yang kita alami setiap hari kita bisa belajar tentang kehidupan tentang berjumpa, berbagi, bersama dan juga berpisah.
Tapi…! bila saat ini kita melangkah pada tempat dimana kita berpijak pada masa depan tidak seharusnya masa lalu di jafikan sebuah penghalang untuk kita menjalani hari-hari di masa sekarang. Sakit hati, kecewa atau bahkan bahagia itu memang menjadi warna warni kehidupan di dunia. Yang kita bahas disini bagaimana kita bias bahagia di masa sekarang tanpa harus di baying-bayangi masa lalu. Pernah kehilangan orang yang anggap kita tepat untuk kita cintai? Kehilangan sesuatu yang membuat kita senantiasa selalu tersenyum bahagia? Saatnya kamu berani melupakannya saat kamu sudah tidak bias bersamanya dan harus meninggalkannya, benar-benar harus meninggalkan semua kenangan tentang dirinya. Berikut poin-poin yang dapat di simak untuk melupakan masa lalu.
1. Niat Dan Juga Maaf
Rasa cinta, rasa rindu ataupun rasa sakit itu menancap sedalam yang kita inginkan. Ketika kita sudah menginginkan untuk melupakan yang pertama harus di lakukan adalah niat untuk menghentikan segala perasan yang masih selalu menyangkut masa lalu. Apabila memiliki rasa sakit dengan masa lalu cara yang paling bijak untuk segera bebas dari rasa “sakit” itu ialah dengan memaafkan. Maaf adalah obat paling mujarab untuk menghilangkan rasa sakit hati.
2. Hindari tempat-tempat yang bisa mengembalikan moment-moment masa lalu sebelum kita benar-benar sudah bisa melupakannya.
Untuk sementara waktu hindari tempat-tempat yang mungkin membuatmu terbangun dari masa lalu. Jangan biarkan tempat-tempat itu mempengaruhi pikiran dan keinginanmu untuk keluar dari semuanya.
3. Buang Barang-barang Pemberiannya Ataupun yang Dapat Mengingatkan Dirimu Pada Masa Lalu
Membuang itu lebih baik bila memang harus dilakukan. Toh seberharga apapun barang tersebut kalau kamu tidak bisa memiliki dan melaluinya hanya akan menimbulkan sakit hati yang semakin mendalam. Jadi jangan ragu-ragu untuk membuang barang yang seharusnya sudah berada di tong sampah.
4. Menyibukkan diri Dengan Kegiatan Baru.
Lakukan kegiatan-kegiatan baru yang positif untuk mengalihkan pikiran kita dari sekedar memikirkan hal-hal yang tidak berguna. Kegiatan ini juga berguna untuk menyalurkan kreativitas kita. Yah sapa tahu dengan lingkungan yang baru kamu menemukan orang-orang yang abru juga. Energi dari lingkungan yang mendukung akan menimbulkan semangat yang lebih baik dari hari kemarin. Selain itu kesibukan baru ini akan dapat membuka hati kita tentang banyaknya hal yang bisa kita kerjakan selain memikirkan “masa lalu”
5. Membuka Hati
Buka hatimu untuk orang lain. Ok dia mungkin yang terbaik buatmu tapi ingatlah segala sesuatu itu Tuhan yang mengatur. Kalupun saat ini kamu tidak bisa bersamanya siapa tahu kamu dapat yang lebih baik dari masa lalunya, kalaupun tidak segera menemukannya bukalah hatimu untuk orang yang tulus mau berbagi denganmu. Manusia tidak ada yang sempurna mungkin ia tidak sebaik masa lalumu tapi siapa sangka ia punya kelebihan yang lebih baik di banding masa lalumu, dan semua serba mungkin kan?
Ingatlah kegagalan itu hanya sebuah langkah awal menuju keberhasilan. Ketika seseorang sudah berhenti untuk mencoba itu berarti ia sudah gagal pada awalnya. Tapi bila ia mempunyai niat untuk mencoba ada dua kemungkinan gagal dan berhasil. Tapi ketika kamu mendapatkan kegagalan janganlah putus asa cobalah lagi dan lagi. Semakin kita sering gagal semakin kita mendekati “berhasil”. Buang masa lalu yang hanya memperlambat kehidupanmu sekarang.

CASPER Comunitas Anak Solo PERantauan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar